Problem Lingkungan Makin Masif, UII Buka Magister Teknik Lingkungan

SLEMAN, SMJogja.com – Persoalan tentang lingkungan yang semakin masif membutuhkan kehadiran banyak profesional untuk memberikan solusi. Hal ini pula yang melatarbelakangi Universitas Islam Indonesia (UII) membuka program studi Magister Teknik Lingkungan.

Prodi yang bernaung dibawah Fakultas Sipil dan Perencanaan itu memiliki dua peminatan yakni Rekayasa Infrastruktur, dan Manajemen Lingkungan. Untuk Prodi S1 Teknik Lingkungan sendiri, UII sudah membukanya sejak tahun 1999.

“Pada semester ganjil ini, kami menerima 13 mahasiswa tidak hanya dari latar belakang teknik tapi juga sosial. Untuk mahasiswa dari basic sosial harus terlebih dulu mengikuti matrikulasi dan nantinya diarahkan ke Manajemen Lingkungan, bukan Rekayasa Teknologi,” kata Ketua Jurusan Teknik Lingkungan UII, Awaluddin Nurmiyanto saat grand launching Magister Teknik Lingkungan, Rabu (23/11).

Read More

Ada dua hal yang nantinya menjadi fokus. Pertama tentang penyediaan infrastruktur lingkungan yang layak seperti pengelolaan sampah, pengolahan air limbah, dan penyediaan air minum. Konsentrasi kedua terkait manajemen lingkungan untuk pengendalian pencemaran, atau analisis resiko terhadap pencemaran lingkungan. 

“Harapannya, kita memiliki kekhasan dalam perancangan rekayasa teknologi lingkungan berbasis resiko. Nanti sistem yang dirancang itu lebih adaptif terhadap kondisi dan menyesuaikan dengan resiko yang terjadi di lingkungan,” ujarnya.

Prodi S2 Teknik Lingkungan UII didukung sumber daya 1 orang guru besar, dan 16 doktor. Saat ini, 6 dosen juga tengah menempuh studi doktor. Acara grand launching itu juga diisi dengan agenda kuliah umum menghadirkan tiga pembicara yakni Prof Widodo Brontowiyono, Prof Joni Hermana, dan Prof Enri Damanhuri.

Related posts

Leave a Reply