Prodi Psikologi UII Juara Umum KIMPSI Universitas Islam III 2022

SLEMAN, SMJogja.com – Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih Juara Umum dalam Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) Universitas Islam III Tahun 2022. Prodi Psikologi UII menjuarai 7 kategori perlombaan sekaligus.

Kompetisi mahasiswa ini diselenggarakan oleh Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum (IIUCP Forum) secara rutin setiap tahun. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menjadi tuan rumah acara lomba yang digelar pada 28-29 Oktober 2022 itu.


Terdapat dua jenis lomba yang dibuka pendaftarannya, ilmiah dan semi ilmiah. Lomba ilmiah mencakup Psy-Paper, Psy-Proposal, Psy-Intervention, Psy-Infographic, dan Psy-Design. Sedangkan lomba semi ilmiah meliputi Psy-Essay, Psy-Movie, Psy-Vlog, Psy-Photography, Psy-Preach, dan Psy-Qira’ah. Keseluruhan lomba dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa aktif dari semua PTI anggota IIUCP Forum.


Beberapa kategori perlombaan yang dimenangkan Prodi Psikologi UII yakni: Juara 1 dan 2 pada Psy-Proposal/Metode, Juara 1 pada Psy-Paper/Kualitatif, Juara 2 pad Psy-Paper/Kuantitatif, Juara 1 dan 3 pada Psy-Infographic/Desain, Juara 1 pada Psy-Movie/Konten, Juara 1 pada Psy-Movie/Teknik, Juara 1 dan 2 pada Psy-Vlog/Teknik, Juara 1 pada Psy-Preach/Penguasaan Materi, Juara 2 pada Psy-Preach/Penampilan, serta Juara 1 pada Psy-Design/Visual.

Read More


Dengan demikian UII menyabet 13 medali dan piala dengan rincian 8 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Sedangkan posisi kedua (runner up) diduduki oleh Unissula dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung di posisi ketiga.
Ketua Prodi Psikologi UII, Hazhira Qudsyi, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kesuksesan tim. Ia berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa agar dapat semakin melejitkan potensi dan prestasi di masa mendatang.


“Prodi Psikologi UII berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan dan pembinaan bakat minat mahasiswa, dalam berbagai bentuk aktivitas. Upaya ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memaksimalkan potensi untuk mencapai prestasi dalam bidang akademik maupun bidang non-akademik”, tambahnya.


Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FPSB UII, Nizamuddin Sadiq menyampaikan selamat kepada para mahasiswa dan para dosen pembimbing yang telah mempersiapkan kompetisi ini dengan baik sehingga meraih predikat juara umum.
“Sebagai sebuah kompetisi tentu saja ada yang berhasil dan ada yang belum. Yang berhasil menjadi pemenang tidak perlu jumawa dan euforia yang berlebihan, dan yang belum sukses jangan patah semangat. Yang penting adalah menjadikan ajang kompetisi ini sebagai wahana untuk meningkatkan kapasitas diri, inovasi dan kreatifitas. Tidak lupa pula ajang ini dijadikan kesempatan untuk saling berbagi dan bertukar informasi, serta semakin meningkatkan silaturahmi dengan sesama peserta”, katanya.


Senada, Ketua Tim Pendamping KIMPSI, Nita Trimulyaningsih mengaku dosen pembimbing tidak hanya dosen Prodi Psikologi, tapi juga dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII. Dosen non-psikologi membimbing karya-karya semi-ilmiah Psy-Vlog, Psy-Movie, Psy-Infographic, Psy-Design.
“Bahkan berkait bimbingan dosen PBI yang bernama Bapak Willy Prasetya, S.Pd., M.A. ada 4 lomba jenis semi-ilmiah yang dimenangkan oleh mahasiswa psikologi. Dosen-dosen ini berperan dalam membimbing para peserta lomba untuk mempersiapkan karya-karya terbaik mereka,” imbuhnya.

Related posts

Leave a Reply