Prof Suminto Luncurkan Antologi Puisi “Syair Linguistika Terapan”

JOGJA, SMJogja.com – Prodi Satra Indonesia FBS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama Prodi S-1 PBSI, Prodi Magister PBSI, dan Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia meluncurkan buku antologi puisi “Syair Linguistika Terapan”, buah karya terbaru dari Prof Dr Suminto A Sayuti. Antologi puisi ini menunjukkan fenomena kebahasaan yang menarik untuk disimak, diteliti, dan diolah menjadi karya ilmiah maupun karya sastra.

Ketua Panitia Kegiatan, Else Liliani mengatakan, peluncuran buku dilakukan di Hotel UNY, kemarin. Menurutnya, istilah-istilah linguistika diolah dan dirangkai dengan apik dalam puisi-puisi yang ditulis sang akademisi, budayawan, sekaligus sastrawan dari FBS itu.

“Peluncuran antologi ini sekaligus menandai usian beliau yang ke- 66 tahun,” ujarnya di sela acara.

Dia menuturkan, peluncuran buku dirangkai dengan seminar nasional bertajuk “Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Interdisipliner”. Seminar menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof Dr Suminto A Sayuti, pakar linguistik dari UGM (Prof Dr I Putu Wijana MA) dan pakar pengajaran sastra dari Universitas Malang (Prof Dr Djoko Saryono MPd).

Read More

“Seminar nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari tingkat sarjana hingga doktoral dari berbagai universitas, dosen, serta pemerhati sastra dan bahasa,” katanya.

Selain menghadirkan ketiga narasumber dan moderator Prof Dr Anwar Efendi MSi, kata Else, seminar nasional ini juga mengundang pemakalah pendamping dari berbagai kampus.

“Total ada 41 makalah pendamping yang turut dipresentasikan dalam sidang pleno 2 dan 3,” tuturnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Prof Dewa Putu memaparkan banyak hal tentang peran dan fenomena kebahasaan dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan riset penelitian. Sementara, menurut Prof Dr Djoko Saryono MPd, buku puisi Syair Linguistika Terapan merupakan jagat raya kehidupan Suminto A Sayuti.

Related posts

Leave a Reply