Rosa Damayanti Raih Best Conductor di Korea Selatan

Rosa Damayanti dan piagam penghargaan di Busan, Korea Selatan / ist

JOGJA, SMJogja.com – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PSM UAJY) meraih prestasi dalam ajang internasional. Konduktor paduan suara, Rosa Damayanti, berhasil memperoleh predikat Best Conductor pada Busan Choral Festival and Competition (BCFC) 2022 di Busan Cinema Center, Busan, Korea Selatan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi itu mengungkapkan perlu waktu 11 bulan mempersiapkan lomba di Korsel. Persiapan meliputi fisik, mental, dan karakter. Persiapan fisik salah satunya membangun energi sebagai konduktor. Persiapan mental membentuk kepercayaan diri menghadapi teman-teman yang akan dipimpin. Persiapan karakter, ia berusaha membentuk karakter konduktor berkharisma.

”Konduktor perempuan PSM baru satu sebelumnya. Bagi saya, dipilih menjadi konduktor pada festival internasional merupakan hal berkesan. Sebagai salah satu konduktor perempuan dan tim female yang maju, merupakan hal yang luar biasa,” papar Rosa.

Kebaikan Tim

Read More

Menurut Rosa, sebagai konduktor harus mampu mencari solusi untuk kebaikan tim dan membimbing ke arah yang benar agar tidak melewati jalan yang salah. Terlebih timnya kali ini semua perempuan, dan di BCFC disebut sebagai Tim Srikandi.

Ia sangat bersyukur ada 22 Srikandi hebat yang berdinamika dan berjuang bersama tanpa kenal lelah serta mau menerima segala prosesnya dengan sepenuh hati. Tanpa para Srikandi, ia juga tidak bisa belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Dirinya sudah menekuni dunia menyanyi sejak duduk di bangku sekolah dasar sehingga ia menikmati seluruh proses yang ada di PSM UAJY. Ia tertarik dengan PSM UAJY karena melihat rekam jejak yang bagus, dinamika menarik, serta diajarkan untuk berjuang, mandiri, dan bertanggung jawab.

Related posts

Leave a Reply