Sambangi Kejati DIY, DPR Minta Masukan RUU Hukum Acara Perdata

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Jajaran Komisi III DPR RI melakukan kunjungan ke kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Kamis (8/9). Kunjungan ini dalam rangka meminta masukan terkait materi RUU Hukum Acara Perdata yang tengah dibahas oleh legislator tingkat pusat.

“Kami mengadakan kunjungan ini sebagai bentuk pelaksanaan amanat konstitusi. Kegiatannya berupa rapat dengar pendapat umum, tidak ada kesimpulan melainkan hanya masukan,” kata Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto selaku ketua tim saat ditemui usai pertemuan.

Agenda rapat tertutup itu dihadiri pimpinan sejumlah institusi penegakan hukum di wilayah DIY seperti kejaksaan, kepolisian, dan pengadilan. Hadir pula ahli hukum dari UGM yang diminta untuk memberikan usulan.

Bambang mengungkapkan, banyak masukan yang ditampung dari hasil pertemuan tersebut. Diantaranya menyangkut persoalan arbitrase, dan eksekusi perdata yang selama ini dipandang cukup rumit. “Di kesempatan ini, kami berdiskusi langsung dengan institusi kejaksaan, kepolisian, dan pengadilan. Mereka lah yang nantinya akan menerapkan UU tersebut sehingga aspirasinya harus kita dengarkan,” ujar Bambang. 

Read More

Adapun usulan yang disampaikan Kejati DIY perihal peran jaksa sebagai pengacara negara. “Kami berharap adanya penguatan jaksa pengacara negara, mengingat perannya menjaga kewibawaan pemerintah saat negara digugat secara perdata maupun tata usaha negara,” kataKepala Kejati DIY Katarina Endang Sarwestri.

Related posts

Leave a Reply