Sampah Tak Pernah Hilang, Mahasiswa Reresik Embung Peringati Hari Bumi

Mahasiswa UAJY membersihkan kawasan Embung Sendangtirto / dok

JOGJA, SMJogja.com – Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memperingati Hari Bumi dengan caranya sendiri. Mereka berbondong-bondong menuju Embung Sendangtirto sambil membaw berbagai peralatan kebersihan.

”Kami menggelar Reresik Embung di Tampungan, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Embung ini berfungsi sebagai pengairan dan ruang publik dengan ikan badar dan nilem yang hidup di dalamnya,” tutur Ketua Kegiatan Reresik Embung, R A Vita NP A SPd MHum PhD.

Tiga kegiatan utama di sana yakni membersihkan embung, menyiram pohon dan memberi makan ikan.
Kegiatan tersebut merupakan implementasi Hari Bumi. Sebanyak 33 mahasiswa terlibat dalam kegiatan Reresik Embung. Mereka dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Menurut Vita, tim akan melakukan evaluasi usai kegiatan. Mereka akan memutuskan kelak melibatkan masyarakat umum atau hanya kampus.

Read More

Kresentia Equilibria, salah satu sukarelawan dari Fakultas Hukum berharap agar kegiatan dibuka untuk umum agar banyak mahasiswa yang terlibat. Selain itu juga melibatkan warga setempat sehingga terjalin interaksi.

”Kami mengapresiasi kegiatan ini karena mahasiswa peduli dengan masyarakat. Mahasiswa yang sudah mendaftar sebagai sukarelawan bisa lebih berkomitmen menjalankan kegiatan. Semoga tahun depan akan makin banyak yang terlibat,” imbuhnya.

Related posts

Leave a Reply