Seru! Ribuan Orang Mainkan Wayang

Mahasiswa baru UMY memainakn wayang bersama-sama / ist

JOGJA, SMJogja.com – Ribuan orang terlibat dalam aksi main wayang bersama di Sportorium UMY. Mereka merupakan mahasiswa baru yang sedang mengikuti Masa Ta’aruf (Mataf) 2022. Kegiatan tersebut tercatat dalam rekor dunia Record Holders Republic.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Prof Sukamta mengungkapkan wayang menjadi pilihan karena merupakan salah satu warisan budaya. Layak kalau kampusnya menggelar pagelaran wayang dengan dalang utama serta dalang pembantu, yang terdiri atas 5.700 mahasiswa baru tahun 2022.

”Tak sekadar memainkan wayang, tapi ada dialog antara dalang utama dan seluruh dalang pembantu,” ujar Sukamta.

Jadi Inspirasi

Read More

Hadir dalam acara, Asia President of Record Holders Republic, Lia Mas Mutia Sari. Ia mengatakan , kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk semua mahasiswa sehingga dapat menorehkan prestasi rekor dunia.

Sebagai bagian dari pembuka pagelaran wayang, enam perwakilan mahasiswa baru berasal dari enam daerah yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Papua dan Sulawesi menerima wayang. Mereka dan teman-temannya memainkan wayang selama satu jam dengan cerita tentang rusaknya peradaban yang semakin tidak terkendali. Mahasiswa baru UMY hadir untuk perubahan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al-Islam Kemuhammadiyahan Faris Al-Fadhat PhD mengapresiasi mahasiswa baru yang memulai aktivitas dengan wayang. Ini sebagai penanda mereka dapat melestarikan budaya sekaligus meraih prestasi seperti tokoh-tokoh dalam wayang.

Related posts

Leave a Reply