Sidoagung Dikukuhkan Jadi Desa Rintisan Budaya

SLEMAN, SMJogja.com – Kabupaten Sleman menambah deretan kalurahan yang menyandang status desa rintisan budaya. Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean baru saja dikukuhkan sebagai desa rintisan budaya pada awal November ini.


Sehingga sampai saat ini di Sleman terdapat 19 rintisan desa budaya yang telah mengantongi SK Gubernur DIY. Lima diantaranya bahkan sudah berstatus desa mandiri budaya. Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan apresiasi kepada Kalurahan Sidoagung atas upayanya sehingga dapat dikukuhkan menjadi desa rintisan budaya.

Dengan status ini, masyarakat setempat akan lebih mudah mengakses bantuan terkait pengembangan budaya dan ekonomi kerakyatan. “Pemkab akan terus mendukung dan mendampingi kalurahan yang akan menjadi rintisan desa budaya untuk naik satu tingkat menjadi desa mandiri budaya. Namun saya minta upaya itu dibarengi pula dengan kreativitas, inovasi, dan gotong royong warga,” kata Danang, Senin (7/11).


Rintisan desa budaya merupakan program strategis Gubernur DIY yang pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing kabupaten/kota. Implementasinya menggunakan dana keistimewaan DIY. Tujuan pembentukan desa budaya ini adalah untuk pelestarian, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan potensi budaya di tingkat kalurahan.

Read More


Adapun kriteria yang dinilai antara lain tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa dan sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, warisan budaya serta tata ruang. “Budaya memegang peranan penting bagi kehidupan berbangsa. Budaya mampu menjawab tantangan globalisasi sekaligus menyatukan perbedaan yang ada,” ujar Danang.


Lurah Sidoagung, Edy Utomo berharap pengukuhan ini dapat memotivasi pamong dan warga agar ke depannya Sidoagung dapat naik tingkat menjadi desa mandiri budaya. “Kami akan berupaya maksimal sehingga bisa meningkat levelnya. Diluar itu yang penting adalah menanamkan kesadaran melestarikan budaya, dan upaya tersebut perlu dilakukan sejak dini,” tandasnya.


Kalurahan Sidoagung sendiri memiliki cukup banyak potensi budaya terutama kelompok seni. Untuk menaungi kreativitas warga, fasilitas berupa pendopo kesenian telah didirikan di Padukuhan Bendungan.

Related posts

Leave a Reply