Stadion Maguwoharjo Dipilih Jadi Tempat Pembukaan Porda

Pelepasan kontingen atlet Sleman yang akan berlaga dalam ajang Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (28/8/2022) / Amelia Hapsari

SLEMAN, SMJogja.com – Seremoni pembukaan Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 akan dilangsungkan pada Kamis (1/9) lusa. Stadion Maguwoharjo dipilih sebagai venue perhelatan akbar itu. 

Rencananya, Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X akan hadir secara langsung untuk meresmikan pembukaan. “Dipilih Stadion Maguwoharjo sebagai tempat opening karena kami ingin menyuguhkan yang terbaik. Maguwoharjo adalah stadion kebanggaan warga Sleman, representasi prestise dan citra kabupaten kita,” kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Senin (29/8).

Porda dan Peparda tidak hanya sekedar menjadi event olahraga tapi juga pesta rakyat. Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara opening. Sarana video juga akan ditempatkan di luar stadion agar bisa dinikmati oleh lebih banyak penonton.

Acara inti akan dimulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Sebelumnya, pada jam 16.30 ditampilkan pementasan grup band lokal dirangkai kolaborasi tarian kolosal, defile atlet, flashmob, dan penyalaan api Porda-Peparda. Band papan atas, Kotak juga akan tampil menghibur penonton.

Read More

Menjawab kekhawatiran rumput stadion akan rusak karena terinjak-injak, Kustini menegaskan resiko itu telah dimitigasi. “Kami sudah membuat kontrak dengan pihak EO terkait mitigasi kemungkinan rumput menjadi rusak. Nanti akan dipasang semacam alas khusus yang posisinya tidak menyentuh tanah sekaligus bisa menyiram rumput. Jika sampai ada kerusakan rumput, EO yang akan menanggung,” tegasnya.

Pemkab percaya sepenuhnya kepada pihak EO yang disebut sudah biasa menangani event skala besar, semisal Porda Jawa Tengah dan Porda Jawa Timur. Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menambahkan acara pembukaan dapat disaksikan langsung oleh 8.000 penonton. Masyarakat yang tertarik menyaksikan dimulainya event Porda XVI dan Peparda III bisa mendaftar lewat aplikasi tiket.com

“Tiketnya gratis. Kami berharap masyarakat bisa ikut hadir menyaksikan syaratnya sudah vaksin minimal dosis dua,” katanya.

Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto menilai persiapan Kabupaten Sleman untuk menjadi tuan rumah event ini luar biasa bahkan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Dia pun berpesan kepada para atlet dan official agar mengacu semangat Olimpiade yaitu friendship (persahabatan), excellence (keunggulan), dan respect (menghargai). Menurutnya, hal itu yang menjadi roh pertandingan olahraga.

“Semoga dari event Porda dan Peparda ini bisa dihasilkan prestasi terbaik bahkan memecahkan rekor, serta menyumbangkan atlet untuk berlaga di level pertandingan lebih tinggi,” ucapnya.

Related posts

Leave a Reply