Sugini Dinobatkan Jadi Guru Besar Wanita Pertama FTSP UII

Dosen Program Studi Aristektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Sugini dinobatkan sebagai Guru Besar / dok

SLEMAN, SMJogja.com – Dosen Program Studi Aristektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Sugini dinobatkan sebagai Guru Besar.  Surat Keputusan Kenaikan Jabatan Akademik Profesor diserahterimakan oleh Rektor di Gedung Sardjito Kampus Terpadu UII, Selasa (15/11).

Dengan penyerahan SK ini, Sugini sah menyandang gelar Guru Besar ke-28 UII. Ia juga merupakan Guru Besar wanita pertama yang dimiliki oleh FTSP, serta yang keempat di lingkup universitasnya. “Raihan gelar jabatan akademik tertinggi ini akan memotivasi dosen-dosen muda.

Sebagai pionir pendidikan tinggi Indonesia, kami terus berkhidmat agar dapat selalu adaptif dalam menghadapi perubahan tanpa harus kehilangan nilai luhur bangsa,” kata Rektor UII Prof Fathul Wahid. 

Salah satu upaya mewujudkan hal itu adalah dengan menyiapkan dosen yang kompeten, untuk berkontribusi menghasilkan generasi penerus yang berilmu dan berkarakter. Saat ini ada 8 dosen tengah mengikuti program percepatan profesor yang usulannya telah diproses baik di fakultas, universitas maupun LLDikti. 

Read More

Tujuan program ini adalah untuk membantu para peserta dalam menghasilkan luaran karya ilmiah yang dapat dipergunakan sebagai syarat pengajuan jabatan akademik profesor. Skema yang ditawarkan dalam program percepatan ini antara lain skema penelitian kolaboratif, dan coaching clinic. 

Peserta program ini wajib melibatkan kolaborator atau coach yang telah memiliki jabatan akademik profesor, memiliki h-Index scopus, dan memiliki rekam jejak publikasi sebagai penulis pertama dalam jurnal internasional bereputasi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Terkait profil Prof Sugini, Direktur Sumber Daya Manusia UII, Ike Agustina menjelaskan, Guru Besar ke-2 di Jurusan Arsitektur itu menjadi dosen tetap sejak tahun 1988. 

Sejumlah karya ilmiahnya telah berhasil dipublikasikan dalam beberapa jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Selain itu, Sugini juga aktif mendiseminasikan keilmuannya dalam beberapa seminar nasional maupun internasional. “Prof Sugini juga tercatat pernah mendapatkan sertifikat paten sederhana dari Kemenkumham RI. Alat paten yang beliau rancang saat ini dipergunakan untuk pengendalian akustik ruang, teknologi penyerap suara untuk isolasi kebisingan dan pengendalian dengung serta gaung yang telah diujicobakan di Masjid Ulil Albab UII,” ujarnya. 

Sugini juga tercatat pernah berpartisipasi dengan turut merumuskan kebijakan publik/rekayasa sosial sebagai masukan UII ke DPR dalam Tim Penyusun Masukan terhadap Rancangan Undang Undang tentang Pendidikan Tinggi.

Related posts

Leave a Reply