Sultan Tegaskan Tak Ada PHK Karyawan Hotel Ibis dan Malioboro Mall

Penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Pemda DIY dan PT Setia Mataram Tri Tunggal di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Selasa (13/9/2022) / dok

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Kontrak usaha pengelola Malioboro Mall dan Hotel Ibis Malioboro dengan Pemda DIY berakhir tahun ini. Pemda DIY selaku pemilik tanah dan bangunan tersebut telah menunjuk PT Setia Mataram Tri Tunggal sebagai pengelola yang baru. 

Kesepakatan kerja sama antara kedua belah pihak telah ditandatangani pada Selasa (13/9) lalu. Kendati pengelolaannya kini beralih tangan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan tidak akan ada PHK terhadap karyawan Malioboro Mall, dan Hotel Ibis Malioboro.

“Saya minta tidak ada karyawan yang di-PHK. Karyawan lama otomatis akan masuk ke manajemen baru. Mereka harus menjadi prioritas apabila manajemen terpaksa melakukan rekruitmen,” kata Sultan kepada wartawan usai penandatanganan kerjasama di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan.

Mall dan hotel yang terletak di kawasan Malioboro itu juga tetap beroperasi seperti biasa. Jika operasional dihentikan justru akan menimbulkan masalah, termasuk berimbas pada kesejahteraan pekerja. Contohnya Hotel Ibis Malioboro, yang diperhitungkan akan mengalami kerugian hingga Rp 70 juta per hari apabila berhenti operasi. 

Read More

“Malioboro Mall dan Hotel Ibis Malioboro sudah ganti manajemen. Sekarang milik Pemda DIY seutuhnya, bukan aset orang lain dan akan beroperasi seperti biasa,” tandasnya.

Sultan berharap di bawah pengelola yang baru, mall dan hotel tersebut bisa semakin menguntungkan dari sisi pendapatan. Diharapkan manajemen yang baru bisa mengelola aset milik Pemda DIY itu dengan lebih baik.

Setelah penunjukan manajemen baru, selanjutnya akan dilakukan negosiasi terkait sistem kerjasama aset tersebut apakah disewakan atau dalam bentuk lain.

“Kami tentu akan membangun kesepakatan lebih lanjut. Tapi yang penting, mall dan hotel ini jalan dulu. Kalau ditutup, konsekuensinya tidak bisa jualan di dalam mall,” kata Sultan.

Sementara itu, Juru Bicara PT Setia Mataram Tri Tunggal, Surya Ananta mengatakan, pihaknya siap mengelola Malioboro Mall dan Hotel Ibis Malioboro. Pengelolaan berjalan efektif mulai 13 September 2022.

“Kami akan bekerja semaksimal dan mendayagunakan semua pihak yang ada di sana,” ungkapnya.

Dalam pengembangan bisnis tersebut, pihaknya akan membuka peluang selebar-lebarnya.

Related posts

Leave a Reply