Tak Perlu Lagi Bakar Sampah, Gunakan Larva Black Soldier Fly

Warga menyimak pembuatan sampah organik dari lalat maggot / ist

JOGJA, SMJogja.com – Masyarakat pedesaan biasa membakar sampah. Mereka kebanyakan melakukan itu karena lahan masih luas dan tidak semua terjangkau pembuangan sampah formal. Padahal membakar sampah sama dengan memproduksi polusi.

Berangkat dari kondisi tersebut, mahasiswa KKN Periode Reguler ke-88 Unit VI.B.1,2,3 Universitas Ahmad Dahlan melakukan terobosan di Gunungkidul. Mereka membantu warga Gedangsari mengolah sampah organik dengan larva Black Soldier Fly (BSF), banyak orang menyebut dengan istilah lalat maggot.

”Proses pengolahan sampah organik sebenarnya cukup mudah. Masukkan larva BSF ke dalam ember yang berisi sampah organik. Letakkan di area terbuka di atas tumpukan bata, larva akan mengurai sampah organik hingga menjadi pupuk,” ungkap Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dari Program Studi Biologi, Inggita Utami SSi MSc.

Pelatihan pengelolaan sampah organik merupakan bagian dari program kerja KKN Jiddan Maulana Daud, Try Fujy Alam, Adji Bagus Ary Prayogo, beserta rekan timnya di Padukuhan Magarejo dan Mboyo Kalurahan Ngalang, serta Padukuhan Piji, Kalurahan Mertelu.

Read More

Darurat Sampah

Utami menjelaskan warga harus memindahkan air lindi pada ember bagian bawah ke botol kaca tertutup dua minggu sekali. Mereka juga menjemurnya selama satu bulan. Saat lindi berubah warna menjadi kehitaman, sudah siapsebagai pupuk cair organik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

”Larva BSF instar enam yang keluar dari ember tumpuk untuk menjadi pupa dapat menjadi pakan ternak seperti ayam dan lele. Kandungan protein dan lemaknya sangat tinggi,” ujarnya.

Tim KKN UAD menyampaikan pelatihan itu sebagai terobosan karena informasi darurat sampah di DIY. Tempat Pembuangan/Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Piyungan dan Wukirsari sudah melebihi kapasitas.

”Pelatihan pengolahan sampah ini untuk mengurangi beban TPA-TPA di Yogyakarta sehingga pengelolaan sampah bisa lebih baik,” imbuh Ketua Kelompok KKN VI.B.B1, Jiddan Maulana Daud.

Related posts

Leave a Reply