Terkenal di Indonesia dan Dunia, Perajin Knalpot Purbalingga Bakal Dapat Pendampingan BSN

Kepala BSN, Kukuh S Achmad / dok BSN

JOGJA, SMJogja.com – Purbalingga, kota ini terkenal sebagai produsen knalpot kendaraan. Produksinya tersebar ke seluruh Indonesia. Sebentar lagi, para produsen makin leluasa karena bakal mendapat pendampingan untuk memperoleh Standar Nasional Indonesia (SNI).

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga sepakat menjalin kerja sama di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Mereka menandatangani kerja sama, Kepala BSN, Kukuh S Achmad dan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Dalam kerja sama tersebut, yang akan menjadi prioritas utama yakni pengembangan SNI untuk produk knalpot. Adanya SNI knalpot akan melindungi keberlangsungan usaha, serta membantu pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing.

”Pengembangan SNI merupakan kegiatan yang berbasis konsensus, dengan melibatkan pemangku kepentingtan dari unsur pemerintah, pelaku usaha, pakar, hingga masyarakat. Pemerintah Kabupaten Purbalingga dapat menjadi konseptor awal. Selanjutnya, konsep berlanjut ke komite teknis terkait,” papar Kukuh.

Read More

Ribuan SNI

Saat ini, BSN telah menetapkan 14.071 SNI. Selain mengembangkan SNI, BSN juga bertanggung jawab memelihara SNI. Selain itu mendampingi pemangku kepentingan untuk menerapkan SNI.

Pembinaan penerapan SNI kepada pemerintah daerah dalam bentuk penerapan SNI pada layanan publik, seperti SNI ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Ada pula SNI ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Standar Sistem Manajemen lainnya.

Penerapan SNI sistem manajemen dapat mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, efektif, transparan, akuntabel. Layanan publik semakin berkualitas dan terpercaya termasuk di Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan pihaknya siap berkolaborasi dengan BSN guna meningkatkan daya saing daerahnya. Ia berharap dengan pendampingan dari BSN, dapat meningkatkan daya saing produk-produk daerah, termasuk pelayanan publik.

Related posts

Leave a Reply