Tim Respons Cepat UGM Terjun Bantu Korban Gempa Cianjur

Tim pertama UGM yang berangkat membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat / ist

JOGJA, SMJogja.com – Tim respons cepat UGM terjun membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tim beranggotakan tujuh mahasiswa dan tenaga kependidikan melakukan asesmen awal sebelum sukarelawan dalam jumlah yang lebih besar diturunkan pekan depan.

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr Arie Sujito SSos MSi melepas tim respon cepat yang akan berangkat untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tim beranggotakan tujuh orang mahasiswa dan tenaga kependidikan ini akan melakukan asesmen awal sebelum tim relawan dalam jumlah yang lebih besar diturunkan pekan mendatang.

”Tim yang menjadi representasi dari UGM membantu merespons cepat peristiwa bencana alam di Cianjur. Ini adalah bagian dari tanggung jawab secara moral dan kemanusiaan,” tandas Arie.

Read More

Tanggap Bencana

Ia mengatakan UGM memiliki tim tanggap bencana yang terdiri atas berbagai unsur di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM). Tujuh orang yang berangkat merupakan anggota resimen mahasiswa dan staf DPkM.

”Mereka telah memiliki pengalaman dalam penanganan bencana. Selain itu ada mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) dan Fakultas Psikologi,” ujar Arie.

Tim melakukan distribusi bantuan, mengonsolidasikan berbagai jejaring pendukung serta mendukung upaya penanganan bencana Pemerintah serta organisasi masyarakat setempat sesuai dengan kapasitasnya.

Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Dr Djarot Heru Santoso MHum menambahkan tim kedua akan terjun pekan mendatang. Mereka bakal melakukan langkah penanganan yang lebih terfokus sesuai dengan laporan situasi dari tim pertama.

Related posts

Leave a Reply