Tingkatkan Kepercayaan Diri, Difabel Belajar Ecoprint

Para penyandang disabilitas mendapat pelatihan ecoprint dari UMY / ist

JOGJA, SMJogja.com – Kepekaan pada isu sosial terutama mengenai penyandang disabilitas sangat kurang. Bahkan banyak yang belum menyadari pentingnya isu seputar difabel. Karena itu, berbagai pihak harus terus melakukan sosialisasi sekaligus membantu para penyandang disabilitas.

Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Muhammad Rizal mengungkapkan hal tersebut di sela-sela pelatihan pembuatan kain ecoprint bersama penyandang disabilitas di Desa Panggungharjo, Bantul.

”Kami melihat ada sebagian anggota masyarakat belum sepenuhnya peka dan sadar terhadap isu-isu yang ada di lingkungan terutama terkait disabilitas,” tandas Rizal.

Bantu Mandiri

Read More

Pelatihan bersama difabel sebagai salah satu cara untuk membantu mereka berdaya. Pelatihan juga membantu mereka mandiri. Ecoprint menjadi pilihan pelatihan karena melihat potensi alam Jogjakarta dan juga mempertimbangkan kemampuan penyandang disabilitas.

”Penyandang disabilitas memang harus mendapat dukungan dan perhatian, salah satunya melalui kegiatan seperti ini. Mereka mampu melakukannya meskipun dengan keterbatasan,” imbuh pembimbing KSR PMI UMY, Puthut Ardianto SPd MPd.

Salah satu peserta pelatihan yang merupakan korban gempa Jogja tahun 2006 bernama Istini (48) merasa senang dapat mengikuti pelatihan. Memskipun memakai kursi roda, ia semangat mengikuti pelatihan karena ingin meningkatkan kemampuannya.

Related posts

Leave a Reply