Tingkatkan Kualitas, Ratusan Pelaku UMKM Belajar Desain Grafis

Narasumber menyampaikan materi dalam pelatihan dan bimbingan teknis desain grafis untuk UMKM / ist

JOGJA, SMJogja.com – Persaingan usaha di era digital semakin ketat. Sebagian pelaku usaha mulai melakukan transformasi digital agar mampu bersaing. Tapi, banyak yang belum begitu memahami apa dan bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk usaha, terutama mereka yang menjalankan UMKM.

Melihat kondisi tersebut, Yayasan Omah Kreasi Centre Jogjakarta menggelar pelatihan dan bimbingan teknis desain grafis. Pelatihan berlangsung di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama. Ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah mengikuti kegiatan yang merupakan kerja sama dengan CSR PT Telkom Indonesia.

Pembina Yayasan, Khoirun Nisa menjelaskan narasumber pelantihan antara lain Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Kuliner, Kriya, desain dan Fesyen kemenparekraf Yuke Sri Rahayu. Ada pula Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif Kemenparekraf Robinson Hasoloan Sinaga.

Ekonomi Digital

Read More

”Sebanyak 150 pelaku UMKM dari berbagai bidang, mulai dari kerajinan, suvenir hingga kesenian mengikuti kegiatan. Saat ini desain grafis merupakan ilmu wajib bagi mereka yang memiliki usaha agar dapat tampil di media secara apik sehingga membuat orang tertarik,” tutur Nisa.

Peserta mengikuti cara-cara tekni memotret menggunakan gawai, menggunakan aplikasi mengolah foto agar produk terlihat menarik. Mereka juga mendapat pelatihan cara memasarkan produk melalui berbagai media sosial.

Niken Widiastuti di depan peserta pelatihan mengatakan jumlah UMKM di Indonesia di angka 60 juta. Namun demikian, dari jumlah itu yang sudah masuk ekonomi digital kurang dari 20 juta. Sisanya masih menjalankan usaha konvensional.

”Pelatihan membuat para pelaku UMKM agar dapat lebih terbuka dan trampil memasuki pasar digital. Mereka bisa lebih kreatif mengembangkan usaha untuk menggugah ketertarikan konsumen,” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply