Tingkatkan Literasi Umat, Masjid Husnul Khatimah Pusat Syiar Islam Berkemajuan

Prof Haedar Nashir ketika meresmikan Masjid Husnul Khatimah / ist

JOGJA, SMJogja.com – Masjid bukan hanya tempat beribadah, melainkan juga sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sekaligus memperkuat relasi sosial sesama manusia dan makhluk ciptaan Allah SwT.

”Karena keshalihan pribadi yang merupakan relasi habmuminllah saja belum cukup, seyogyanya dapat terejawantahkan dalam habluminannas,” tandas Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Haedar Nashir.

Ia menyampaikan itu ketika meresmikan Masjid Husnul Khatimah Tamantirto Utara,  Kasihan, Bantul. Masjid Husnul Khatimah sangat istimewa karena berada di area kediaman Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut.

Hadir sejumlah tokoh pada kegiatan tersebut, seperti Ketua Umum PP Aisyiyah sekaligus sesepuh Masjid Husnul Khatimah, Siti Noordjanah Djohartini, Wakapolda DIY, Rektor UMY Prof Dr Gunawan Budiarto, Pimpinan Muhammadiyah Wilayah DIY, Arsitek Masjid Husnul Khatimah, pengusaha Muhammadiyah Yendra Fahmi, Direktur Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari MA, mantan anggota DPR RI Fahri Hamzah.

Read More

”Ada dimensi rohani dalam kehidupan yang tidak selalu bersifat rasional atau bersifat nalar rasional sekalipun ada dimensi rasionalnya. Kaitannya dengan hal ini adalah niat dalam sebuah usaha untuk saling membantu atau berbuat kebaikan yang salah contohnya pembangunan Masjid Husnul Khatimah serta Amal Usaha Muhammadiyah di berbagai daerah,” papar Haedar.

Islam Berkemajuan

Ia mengapresiasi geliat Muhammadiyah yang terus berbuat tanpa lelah. Ia mengungkapkan beberapa waktu belakangan ini semarak peresmian ataupun pencanangan amal usaha Muhammadiyah. Menurutnya hal itu menjadi contoh pembangunan di Muhammadiyah atau di kalangan kaum muslimin yang berkemajuan. 

Haedar mengingatkan kepada warga Muhammadiyah utamanya jamaah, agar dengan berdirinya masjid Husnul Khatimah yang indah nan megah, dapat memakmurkannya. Masjid mejadi wahana untuk peningkatan kesadaran literasi umat muslim agar dapat menjadi umat terbaik yang unggul dalam spiritual, intelektual, dan sosial.

Ketua Umum Pimpinan PP Aisyiyah, Siti Noordjannah mengapresiasi para donatur yang sangat menunggu kabar selesainya pembangunan masjid Husnul Khatimah. Sejarahnya, Masjid Husnul Khatimah berdiri pada tahun 1996 yang waktunya bersamaan dengan pendirian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atas inisiatif waqaf dari keluarga alm H Suratijo dengan lahan tanah seluas 400 m2.

Related posts

Leave a Reply