Transformasi Digital dan Upaya Mengurangi Kesenjangan

CEO Supertext, Martin Jacobson / zoom

JOGJA, SMJogja.com – Transformasi digital menjadi isu penting dalam KTT G20 di Bali. Transformasi mengalami percepata akibat pandemi Covid-19. Para pemimpin dalam KTT G20 juga menyatakan transformasi digital harus merata dan berkeadilan bagi semua orang, termasuk Indonesia yang memiliki wilayah kepulauan.

CEO Supertext, Martin Jacobson mengungkapkan hal itu menanggapi isu penting KTT G20. Ia merupakan pendiri platform Supertext Messenger Swedia-Indonesia yang berusaha mengurangi kesenjangan digital di Indonesia terutama di daerah pelosok.

”Lebih dari delapan tahun, kami memberi layanan di Indonesia, terutama daerah pedesaan dan pedalaman. Teknologi hybrid Supertext merupakan aplikasi messenger 2-4g yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dari pulau dan daerah terpencil hingga pusat kota dan perkotaan dengan dan tanpa internet,” papar Martin yang berdomisili di Swedia ketika berdialog dengan media, Rabu (23/11).

Transformasi digital menurutnya merupakan tentang menyatukan komunitas. Ia menjelaskan Supertext memiliki fitur baru pada platform 3G/4G yaitu “Bergabung dengan Komunitas”. Fitur ini mengajak pengguna Supertext untuk bersatu dalam berbagai minat yang ingin mereka ikuti. Ia berusaha memberi peluang semua orang terhubung satu dengan lainnya bahkan mereka yang ada di pelosok.

Read More

Beragam Komunitas

Martin memaparkan, pengguna Supertext di Indonesia saat ini mencapai delapan juga orang dari beragam komunitas, seperti petani, nelayan, guru, pelajar, dan semua lapisan masyarakat. Mereka tinggal di kota hingga bekerja di ladang dan dengan mudah berkomunikasi.

”Bahkan bagi pengguna yang berada di daerah tanpa internet, platform 2G dapat menggunakan layanan Supertext dengan Telkomsel secara gratis. Mengirim dan menerima pesan tanpa biaya. Ini upaya kami menyediakan layanan digital bagi mereka yang tidak mampu,” tandasnya.

Ia mengatakan, hal itu merupakan salah satu cara Supertext mendukung transformasi digital Indonesia seperti yang dibagikan dalam acara B20 dan G20 di Bali. Banyak orang yang sudah merasakan transformasi digital Supertext yang akan terus bergerak supaya distribusinya lebih merata.

”Misi kami mendukung komunitas di seluruh kepulauan Indonesia dengan menjembatani kesenjangan digital di antara warganya, mereka yang memiliki internet maupun tidak dapat menjadi bagian dari komunitas kami,” imbuh Martin.

Related posts

Leave a Reply