UMKM Sukses Tembus Pasar Nasional lewat Tokopedia

Contoh produk yang dijual di Uwitan / SMJogja.com-Amelia Hapsari

YOGYAKARTA, SMJogja.com – Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan jumlah transaksi lewat aplikasi Tokopedia. Sepanjang kuartal satu tahun ini, tercatat beberapa wilayah yang meloanjak angka penjualannya diantaranya di Kecamatan Jetis, Dlingo, Minggir, Seyegan dan Turi.

Di lain sisi, jumlah pembeli juga meningkat hampir dua kali lipat. Kategori yang laris terutama adalah rumah tangga. Menurut Regional External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, berbagai tren ini didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan UMKM di berbagai daerah dengan pembeli. 

“Kami ingin agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” ujarnya, Rabu (15/6).

Contoh UMKM yang merasakan manfaat dari inisiatif ini adalah Uwitan, sebuah usaha produksi furnitur kayu dan dekorasi rumah bergaya minimalis yang beralamat di Baturan Raya, Trihanggo, Gamping, Sleman. Salah satu pendiri Uwitan, Aji Akbar Titimangsa mengungkapkan, sejak berdiri pada 2015, usahanya kini mampu menggandeng 50 orang pengrajin kayu yang tersebar di beberapa wilayah, seperti di Cirebon, Tegal, Pemalang, Yogyakarta dan Surabaya. 

Read More

Para pengrajin ini terus berinovasi menciptakan produk furnitur kayu berkualitas. ” Kami selalu berusaha menyesuaikan tren dan kebutuhan masyarakat. Terutama furnitur bergaya minimalis yang multifungsi mengingat kecenderungan konsep rumah masa kini yang serba mungil dan minimalis,” ujar Aji.

Produk Uwitan menggunakan berbagai jenis kayu seperti rotan, pinus dan mahoni yang sudah bersertifikat Indonesian Legal Wood, dan memiliki ketahanan serta keawetan yang tinggi. Penyedia kayu ini berasal dari sekitar Gunung Slamet, Purwokerto.

Lebih lanjut Aji mengungkapkan, sangat penting bagi UMKM untuk memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dalam mengembangkan bisnis di era digital. “Di Tokopedia, terdapat berbagai fitur, seperti Kejar Diskon, Flash Sale, Diskon Toko dan lain-lain, untuk memaksimalkan jangkauan pasar serta penjualan di kancah nasional,” ungkapnya.

Saat ini, Uwitan bisa meraih omzet bulanan hingga puluhan juta rupiah lewat platform tersebut. Selain karena rajin menggunakan beragam fitur, pihaknya juga sering mengikuti berbagai kampanye Tokopedia seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan Home Living SALEbrations. Dia juga mengaku kerap memperoleh materi edukasi dari Pusat Edukasi Seller Tokopedia serta komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’ berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan daya saing usaha.

Related posts

Leave a Reply