Wisuda Unriyo, Susun Rencana Terukur Masuki Dunia Kerja

Salah satu wisudawan memperlihatkan ijazah usai wisuda / dok Unriyo

JOGJA, SMJogja.com – Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) menggelar wisuda ke-24 untuk Program Diploma dan Sarjana tahun 2023. Wisuda berlangsung secara hybrid (luring dan daring) pada Selasa, 09 Mei 2023 lalu. Sebanyak 549 mahasiswa dari 13 Program Studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), dan Fakultas Sains dan Tekologi (FST) mengikuti wisuda. Enam di antaranya merupakan mahasiswa asing dari Timor Leste.


Wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda secara luring didampingi keluarganya yang ikut meramaikan suasana wisuda. Mereka yang mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting. Rangkaian prosesi wisuda juga bisa diakses secara live streaming di kanal Youtube @great-unriyo.


Pada wisuda yang bertempat di Ballroom Indraprasta, Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta, terdapat 140 wisudawan yang meraih predikat cumlaude, dan 13 wisudawan lulusan terbaik dengan urutan teratas diraih Bilqis Inayah, dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Prodi Informatika Program Sarjana, asal Maluku dengan IPK tertinggi 3.98.


”Kami berharap wisudawan bisa mewujudkan yang dicita-citakan. Teruslah meningkatkan kemampuan melalui berbagai upaya sesuai dengan profesi masing-masing agar mampu mengikuti perubahan dan menghadapi persaingan kerja yang semakin berat,” pesan Rektor Unriyo, Prof Dr dr Santoso MS Sp Ok saat memberikan ucapan selamat kepada wisudawan.

Read More


Rencana Terukur


Jumlah lulusan hingga wisuda periode ini sebanyak 10.205 mahasiswa reguler ditambah lulusan ners sebanyak 4.434 mahasiswa. Total lulusan sebanyak 11.639 orang. Rektor mengatakan kampus selalu berusaha menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu sekaligus sebagai kontribusi menghasilkan SDM yang kompetitif di dunia kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


Santoso menjelaskan salah satu pencapaian terbaik yakni prodi di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) pada kelulusan Uji Kompetensi Nasional First Taker pada Periode Tahun 2022 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi mencapai 95,65 persen, Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga mencapai 96,4 persen, dan pencapaian Uji Kompetensi Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga mencapai 86,49 persen.


Yayasan Pendidikan Respati juga telah melakukan berbagai upaya pengembangan prasarana dan sarana pendidikan sesuai Rencana Strategi Yayasan yang merupakan penjabaran dari Rencana Induk Pengembangan Yayasan Pendidikan Respati. Wujud pengembangan prasarana dan sarana antara lain berupa Pengembangan Ruang Unit Layanan pada tahun 2022, dukungan peningkatan kemampuan internet di kampus dari kapasitas 100 mbps menjadi 1 Giga yang naik 10 kali lipat. Renovasi Gedung Kampus 1 Unriyo yang diharapkan lebih meningkatkan penampilan sebagai salah satu daya tarik kampus.


”Wisudawan yang menghadapi dunia kerja perlu menyusun rencana kerja yang bersinergi dengan rencana kerja atasan berlandaskan pandangan jauh ke depan, dan harus spesiļ¬k, terukur, akuntabel, terandalkan (reliable), dengan jadwal waktu (time lines). Lengkapi pula dengan alternatif tindakan proaktif agar tetap mudah melakukan adaptasi terhadap berbagai perubahan,” imbuh Pembina Yayasan Pendidikan Respati, Toni Sugiarso SE MKom.


Sementara itu, Penyelia Fasilitasi Mutu Pengelolaan Eksternal LLDIKTI Wilayah V, Arsita Ardiamurti SE yang mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah V memberikan selamat dan apresiasi kepada UNRIYO yang telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan tersebut berpengaruh besar terhadap kesiapan karir mahasiswa untuk menerapkan ilmu di dunia nyata.

Related posts

Leave a Reply